Waspada Card Trapping
Apa yang dimaksud dengan card trapping?
Card trapping adalah jebakan yang dibuat fraudster untuk mengambil fisik kartu dengan mengganjal lubang kartu di ATM agar kartu nasabah tersangkut dan dapat diambil alih.
Cara fraudster melakukan card trapping
- Memasang jebakan agar kartu nasabah tersangkut.
- Memasang stiker dengan logo dan nomor contact center palsu di sekitar lokasi ATM, biasanya menggunakan nomor telepon fraudser.
- Ketika kartu sudah tidak bisa keluar, nasabah akan menghubungi contact center palsu atau fraudster akan datang dan berpura-pura memberikan saran untuk pemblokiran kartu dengan menghubungi contact center palsu tersebut.
- Operator contact center palsu nantinya akan meminta data rahasia nasabah termasuk PIN kartu.
- Apabila hal tersebut telah terjadi, fraudster dapat leluasa menguras dana dari rekening nasabah.
Bagaimana menghindari card trapping?
- Lakukan transaksi pada mesin ATM yang terdapat pengawasan.
- Selalu waspada dan catat nomor contact center resmi bank Anda.
- Ingat, bank tidak pernah menanyakan PIN kartu ATM nasabah.
- Jangan mudah percaya terhadap tawaran bantuan yang diberikan oleh orang tidak dikenal.
Selalu berhati-hati dan waspada dalam bertransaksi kapanpun dan di manapun. Jika Anda menemukan hal-hal yang mencurigakan, segera hubungi Contact Center Bank QNB Indonesia (+6221) 300 55 300.