Bank QNB Indonesia Menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2025, Tunjukkan Kinerja Keuangan yang Solid dan Pencapaian Strategis
Jakarta, 23 April 2025 - PT Bank QNB Indonesia Tbk (“Bank”) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) pada Selasa (22/4), bertempat di Kantor Pusat Bank QNB Indonesia. RUPST dihadiri oleh Presiden Komisaris Fatma Al-Suwaidi, anggota Dewan Komisaris, Direksi, dan para pemegang saham.
Dalam RUPST ini, Bank memaparkan kinerja solid sepanjang 2024, yang dicapai melalui strategi yang disiplin dan pengelolaan keuangan yang pruden. Di tengah tantangan ekonomi global dan nasional, Bank QNB Indonesia berhasil mempertahankan pertumbuhan kredit yang sehat, meningkatkan efisiensi biaya, dan mendorong pendapatan berbasis komisi.
“Ketangguhan dalam menghadapi kondisi yang menantang mencerminkan komitmen kami terhadap praktik perbankan yang berhati-hati dan keunggulan operasional,” ujar Nick Groene, Direktur Utama PT Bank QNB Indonesia Tbk. “Capaian Bank di berbagai indikator utama, termasuk profitabilitas, kualitas aset, dan likuiditas menegaskan keselarasan strategi serta kekuatan fundamental Bank.”
Untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2024, laporan keuangan Bank telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik, Purwantono, Sungkoro & Surja, afiliasi dari Ernst & Young Global Limited dengan opini wajar dalam semua hal yang material pada 28 Februari 2025.
Bank sukses membukukan pertumbuhan kredit (neto) sebesar 46% dan dana pihak ketiga sebesar 16%, sementara laba sebelum pajak mencapai Rp86,41 miliar, mencerminkan pertumbuhan sebesar 25% dibandingkan tahun sebelumnya.
Di sisi likuiditas, Bank tetap solid dengan Liquidity Coverage Ratio (LCR) sebesar 174,70% dan Net Stable Funding Ratio (NSFR) sebesar 154,36%, keduanya jauh melampaui ketentuan minimum regulator sebesar 100%.
Sejalan dengan performa keuangan yang solid, Bank juga membukukan Return on Asset (ROA) sebesar 0,74% dan Return on Equity (ROE) sebesar 1,31%.
Pencapaian lain yang dicatatkan oleh Bank di 2024 termasuk penerimaan penghargaan HR Asia Awards 2024, dimana Bank dinobatkan menjadi salah satu “Best Companies to Work for in Asia” dan “Most Caring Company”, yang semakin memperkuat reputasi Bank sebagai tempat kerja yang berkualitas dengan budaya kerja yang positif. Dengan berbagai pencapaian ini, Bank semakin siap menghadapi dinamika pasar di 2025 dan menjalankan strategi pertumbuhan yang berkelanjutan.
Didukung oleh QNB Group, institusi finansial terbesar di Timur Tengah dan Afrika, Bank berada pada posisi yang kuat untuk mengeksekusi inisiatif strategis di 2025. Rasio Kecukupan Modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) Bank dilaporkan mencapai 56,15% per Desember 2024, mencerminkan basis permodalan yang kuat.
“Ke depan, Bank berkomitmen untuk terus mendorong inovasi digital, penguatan manajemen risiko, serta pengembangan budaya kerja yang berlandaskan akuntabilitas dan keunggulan. Dengan semangat menciptakan nilai jangka panjang bagi nasabah, karyawan, dan masyarakat, Bank terus berdedikasi untuk tumbuh secara berkelanjutan, memberikan dampak positif, dan menjunjung tinggi standar kerja dan integritas tinggi,” tutup Nick.