Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

QNB Indonesia Life Rewards adalah program poin reward dari PT Bank QNB Indonesia Tbk “QNB” yang memberikan Nasabah poin reward dari berbagai transaksi perbankan yang ditentukan oleh Bank dan kemudian dapat ditukarkan dengan berbagai macam hadiah.

Ketentuan Umum

  • Poin dari program QNB Indonesia Life Rewards disebut poin Life Rewards.
  • Aktivitas perbankan nasabah yang dihitung poin pada program QNB Indonesia Life Rewards ini adalah sebagai berikut:
  • Saldo tabungan dan giro
  • Transaksi Kartu Debit
  • Pembelian produk Wealth Management
  • Transaksi di QNB Indonesia Mobile Banking & QNB Online Banking
  • Poin dihitung berdasarkan Customer Identification File (CIF) per Nasabah atau akumulasi semua produk Nasabah apabila Nasabah memiliki lebih dari 1 (satu) produk QNB.
  • Dalam hal terdapat perbedaan data terhadap perhitungan poin Life Rewards yang dicatat oleh Nasabah dengan yang tercatat pada sistem QNB, maka yang dapat dijadikan acuan adalah data perhitungan poin pada sistem QNB.
  • Poin Life Rewards yang tidak ditukarkan (redeem), akan terakumulasi dengan poin Life Rewards yang diperoleh selanjutnya sampai dengan batas waktu kadaluwarsa poin.
  • Aktivitas perbankan yang dilakukan oleh Nasabah untuk mengumpulkan poin mengikuti ketentuan yang berlaku sesuai masing-masing aktivitas yang dilakukan, seperti mempertahankan/meningkatkan saldo tabungan, melakukan transaksi melalui QNB Indonesia Mobile Banking dan lain-lain.
  • Ketentuan program ini tidak merubah ketentuan aktivitas perbankan lainnya yang ada di QNB.
  • Nasabah tetap tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berkaitan pada aktivitas perbankan yang ditetapkan oleh QNB termasuk peraturan perundangan yang berlaku.
  • QNB dapat melakukan perubahan sewaktu-waktu terkait syarat dan ketentuan, yang selanjutnya akan diinformasikan QNB kepada seluruh Nasabah dalam bentuk dan cara yang ditetapkan oleh QNB.
  • Keputusan, ketentuan, maupun perubahan ketentuan yang dibuat oleh QNB tidak dapat diganggu gugat

Kriteria Produk

Berikut adalah kriteria produk yang dijadikan acuan dalam perhitungan poin Life Rewards:

  • Produk Tabungan Perseorangan: Savings Account dan Premium Savings Account
  • Produk Giro Perseorangan: Checking Account dan Premium Checking Account
  • Kartu Debit
  • E-Channel: QNB Indonesia Mobile Banking dan QNB Online Banking
  • Wealth Management
  1. Bancassurance:

  • Bancassurance First LifeShield (Basic Regular Premium),
  • Bancassurance First LifeShield (Top Up Regular),
  • Bancassurance First LifeShield (Top Up Single),
  • Bancassurance First InvestShield (Basic Premium),
  • Bancassurance First InvestShield (Top Up Single) 
  1. Mutual Fund:

  • Manulife Dana Saham Kelas A
  • First State IndoEquity Sectoral Fund
  • Batavia Dana Saham
  • Mandiri Investa Equity Dynamo Factor
  • Syailendra Equity Opportunity Fund
  • Syailendra Balanced Opportunity Fund
  • Manulife Obligasi Negara Indonesia II Kelas A
  • First State Indonesian Bond Fund
  • Batavia Dana Obligasi Ultima
  • TRIM Dana Tetap 2
  • Mandiri Investa Dana Syariah
  • First State Multistrategy Fund
  • TRIM Kapital Plus
  • Danareksa Mawar Konsumer 10
  • Manu life Dana Campuran II
  • Danareksa Syariah Berimbang
  • TRIM Kombinasi 2
  • Mandiri Investa Dynamic Balanced Strategy
  • Syailendra MSCI Indonesia Value Index (MSCI)
  • Syailendra Fixed Income Fund

Kriteria produk diatas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan atau ketetapan QNB.

Perhitungan untuk Poin Life Rewards

Produk Jenis Transaksi/ Aktivitas Jumlah Poin

Savings Account dan Premium Savings Account

Rata-rata saldo bulanan Kelipatan saldo rata-rata bulanan sejumlah Rp 1.000.000,- akan mendapatkan 1 poin (tanpa syarat minimum saldo rata-rata)
Current Account dan Premium Current Account Rata-rata saldo bulanan Kelipatan saldo rata-rata bulanan sejumlah Rp 1.000.000,- akan mendapatkan 1 poin, minimum rata-rata saldo Rp 100.000.000,-/bulan
Kartu Debit
  • Pembelanjaan melalui point of sales/EDC menggunakan kartu debit
  • Setiap transfer antarbank atau pembayaran melalui ATM
  • Setiap transaksi pembayaran utilitas/bill payment melalui ATM
  • 1 poin Life Rewards/Rp25.000, berlaku kelipatan
  • 1 poin Life Rewards/ transaksi
  • 1 poin Life Rewards/ transaksi
Wealth Management Pembelian premi bancassurance dan reksadana
  • First LifeShield (Basic Regular Premium):  minimum transaksi Rp25.000.000, 1 poin Life Rewards/ Rp5.500, berlaku kelipatan
  • First LifeShield (Top Up Regular): minimum transaksi Rp15.000.000, 1 poin Life Rewards/ Rp75.000, berlaku kelipatan
  • First LifeShield (Top Up Single): minimum transaksi Rp15.000.000, 1 poin Life Rewards/ Rp75.000, berlaku kelipatan
  • First InvestShield (Basic Premium):  minimum transaksi Rp50.000.000, 1 poin Life Rewards/ Rp75.000, berlaku kelipatan

  • First InvestShield (Top Up Single): dengan minimum transaksi Rp15.000.000, 1 poin Life Rewards/ Rp75.000, berlaku kelipatan

  • Mutual Fund:  minimum pembelian reksadana Rp 10.000.000, 1 poin Life Rewards/ Rp900.000, berlaku kelipatan

E-Channel
  • Setiap transaksi transfer antarbank, transfer RTGS, transfer SKN melalui QNB Indonesia Mobile Banking
  • Setiap transaksi pembayaran utilitas/bill payment melalui QNB Indonesia Mobile Banking
  • Setiap transaksi transfer antarbank, transfer RTGS, transfer SKN melalui QNB Online Banking
  • Setiap transaksi pembayaran utilitas/bill payment melalui QNB Online Banking

1 poin Life Rewards/ transaksi

Perhitungan poin diatas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan atau ketetapan QNB.

Penukaran Poin Life Rewards

Poin Life Rewards dapat ditukarkan melalui channel berikut:

  • Halaman Life Rewards dapat diakses melalui aplikasi QNB Indonesia Mobile Banking. Melalui halaman ini, Nasabah dapat melakukan penukaran untuk semua kategori hadiah.
  • Dalam proses penukaran poin, QNB akan dibantu oleh mitra (pihak ketiga) yang telah bekerjasama dengan QNB. Mitra tersebut akan bertanggung jawab atas penyediaan sampai dengan pengiriman hadiah.
  • Setiap transaksi penukaran poin nasabah akan menerima One Time Password (OTP) ke nomor handphone dan email yang tercatat di sistem Bank QNB Indonesia. Jika Nasabah tidak memiliki nomor handphone yang valid di sistem Bank QNB Indonesia maka Nasabah diminta untuk melakukan pengkinian data di kantor cabang Bank QNB Indonesia terdekat.
  • Setiap transaksi penukaran poin, nasabah akan menerima notifikasi yang akan dikirimkan melalui nomor handphone atau alamat email yang tertera pada sistem Bank QNB Indonesia.

Poin yang ditukarkan tidak dapat dibatalkan, kecuali Bank QNB Indonesia dan atau mitra Bank QNB Indonesia tidak dapat memenuhi pengiriman barang/jasa yang dipilih. Pada kondisi ini, Bank QNB Indonesia akan mengembalikan poin yang telah ditukar.

Kategori Hadiah

  • Travel, kategori khusus berkaitan dengan perjalanan, seperti tiket pesawat, hotel, dan penyewaan mobil
  • Penukaran miles pesawat
  • Online shop, kategori hadiah dalam bentuk barang, seperti gadget, peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, dan lain-lain.
  • Voucher, berupa voucher elektronik seperti voucher belanja, dan lain-lain.
  • Pembayaran utilitas seperti top-up dompet elektronik (e-wallet).
  • Kategori dan jenis hadiah dapat berubah sewaktu-waktu tergantung ketersediaan barang/jasa. Bank QNB Indonesia berhak mengubah daftar kategori dan jenis hadiah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Masa Berlaku Poin Life Rewards

  • Masa berlaku Poin Life Rewards adalah 2 (dua) tahun sejak poin terbentuk.
  • Periode penukaran dapat dilakukan selama program Life Rewards ini berlangsung.
  • Jika akumulasi atau saldo poin Life Rewards tidak ditukarkan hingga akhir masa kadaluwarsa poin, maka poin Life Rewards akan hangus.
  • Jika Nasabah menutup seluruh rekening dan/atau produk Bank QNB Indonesia, maka seluruh poin Life Rewards yang terkumpul dari rekening tersebut akan hangus walaupun program belum berakhir.

Keikutsertaan Program Poin Life Rewards

  • Nasabah dapat langsung mengaktifkan akun QNB Indonesia Life Rewards dengan cara mengunjungi halaman Life Rewards yang dapat diakses melalui QNB Indonesia Mobile Banking. 
  • Untuk mendapatkan Poin Life Rewards, nasabah harus mengikuti ketentuan dalam memperoleh poin. 
  • Keikutsertaan program akan secara otomatis berakhir apabila nasabah tidak lagi memiliki rekening di Bank QNB Indonesia dan/atau nasabah meninggal dunia dan/atau nasabah dinyatakan tidak berhak mengumpulkan atau menukarkan poin oleh Bnak QNB Indonesia karena melakukan kecurangan dalam pengumpulan poin Life Rewards atau melanggar ketentuan perbankan lainnya. Dalam hal ini Bank QNB Indonesia sepenuhnya berhak untuk membatalkan keikutsertaan nasabah dalam program ini.

Kelalaian atau Pelanggaran

  • Bank QNB Indonesia berhak untuk menolak, membatalkan penukaran Poin Life Rewards atau memblokir sementara waktu akun Life Rewards nasabah yang melakukan pelanggaran/kelalaian seperti poin Life Rewards nasabah terindikasi diperoleh dari transaksi tidak wajar.
  • Setiap penolakan, pembatalan penukaran/redeem hadiah atau pemblokiran akun Life Rewards akan diberitahukan oleh Bank QNB Indonesia kepada nasabah dalam bentuk dan cara yang telah ditetapkan oleh Bank QNB Indonesia.
  • Dalam hal nasabah terbukti secara sah dan meyakinkan bahwa Poin Life Rewards  Nasabah tersebut diperoleh dari transaksi yang tidak benar/tidak wajar. Maka Bank QNB Indonesia berhak untuk menyatakan Nasabah telah melakukan kelalaian/pelanggaran dan Bank QNB Indonesia berhak untuk mengakhiri kepesertaan Nasabah dalam program Life Rewards.
  • Dalam hal Nasabah Kartu Kredit masuk dalam status kolektibilitas 5 (macet), maka Bank QNB Indonesia berhak untuk menyatakan Nasabah telah melakukan kelalaian/pelanggaran dan oleh karenanya berhak untuk mengakhiri kepesertaan Nasabah dalam program Life Rewards.
  • Dalam hal Nasabah Kartu Kredit masuk dalam status kolektibilitas 2, maka Bank QNB Indonesia berhak untuk melakukan blokir sementara dan/atau menolak penukaran Poin Life Rewards. Untuk kondisi tersebut, maka Nasabah wajib untuk segera melunasi seluruh tunggakan pembayaran kewajiban Kartu Kredit Nasabah. Apabila Nasabah telah memenuhi kewajibannya, maka Bank QNB Indonesia akan membuka blokir Life Rewards Nasabah dan dapat digunakan kembali oleh Nasabah.

Penanganan Keluhan

  • Setiap keluhan dapat disampaikan melalui Contact Center Bank QNB Indonesia.
  • Jika persediaan hadiah habis/tidak terdapat penyedia jasa/barang, maka poin Life Rewards yang telah ditukar akan dikembalikan/ dibatalkan oleh Bank QNB Indonesia dan Nasabah dapat menukarkan poin dengan hadiah lainnya yang tersedia.
  • Kualitas barang/jasa merupakan tanggung jawab penyedia barang/jasa, jika terdapat keluhan terkait kualitas barang maka keluhan dapat disampaikan langsung kepada penyedia barang/jasa.
  • Keluhan selambat-lambatnya dapat disampaikan 14 (empat belas) hari kalender sejak penukaran poin Life Rewards. Keluhan tidak akan ditindaklanjuti jika diterima Bank QNB Indonesia setelah lebih dari 14 hari kalender.

Lain-lain

  • Syarat dan ketentuan ini merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan dengan ketentuan dan informasi yang disampaikan oleh Bank QNB Indonesia termasuk melalui media lain seperti surat, poster, flyer dan lain-lain.
  • Poin yang sudah ditukarkan tidak dapat dibatalkan.
  • Hadiah yang sudah dipilih tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan uang tunai atau hadiah lainnya.
  • Nasabah wajib untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan akun Life Rewards nasabah termasuk perangkat elektronik dan komunikasi yang digunakan nasabah untuk mengakses akun Life Rewards.
  • Bank QNB Indonesia berhak untuk melakukan kegiatan pemeliharaan dan atau perubahan spesifikasi teknis dan akses Life Rewards.
  • Segala kerugian dan/atau tuntutan yang timbul sebagai akibat dari kelalaian dan/atau ketidakhati-hatian Nasabah dalam menjaga keamanan akun Life Rewards dan perangkat pendukung yang digunakan Nasabah untuk mengakses akun Life Rewards sehingga dapat digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan menimbulkan kerugian finansial adalah merupakan tanggung jawab Nasabah.
  • Dalam hal terdapat penyalahgunaan program dan/atau ditemukan bahwa dana dan/atau transaksi yang dilakukan oleh nasabah bukan merupakan dana milik nasabah itu sendiri dan/atau tidak sesuai dengan peruntukan rekening, maka Bank berhak untuk menentukan langkah selanjutnya.
  • Syarat dan ketentuan produk dan/atau transaksi dan/atau lainnya yang tidak diatur dalam syarat dan ketentuan ini akan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku pada masing-masing produk/transaksi, yang merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan ini
  • Dalam pengelolaan program Life Rewards, Bank QNB Indonesia bekerjasama dengan PT. Gift Manajemen Indonesia (Giift).
  • Syarat dan Ketentuan ini dibuat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Apabila perbedaan antara versi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia atau apabila timbul perselisihan yang berkaitan dengan arti atau penafsiran ketentuan, Para Pihak dengan ini sepakat bahwa versi bahasa Indonesia yang berlaku.

SYARAT – SYARAT UMUM KREDIT INI TELAH DISESUAIKAN DENGAN KETENTUAN PERUNDANG-UNDANGAN TERMASUK KETENTUAN PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 01/POJK.07/2013 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN SEKTOR JASA KEUANGAN.